Back To Top
“ MENJADI MADRASAH BERKARAKTER, BERPRESTASI UNGGUL, HUMANIS DAN TRAMPIL”

Arsip blog

Pages

Pengunjung

Kamis, 03 Oktober 2019

OUTING CLASS 2019

SUMBANG - Kegiatan outing class merupakan pembelajaran di luar kelas  yang bisa  menambah pengetahuan serta pola pikir siswa. Outing class merupakan media yang  paling  efektif  dan efisien dalam menyampaikan suatu ilmu pelajaran bukan  hanya dari teori saja, kebenaran dan bukti nyata dilapangan perlu kita  ketahui. Pada tahun ini MTs Negeri 3 Banyumas menyelenggarakan kegiatan outing class untuk kelas 7, 8 dan 9.
Kegiatan outing class dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2019, tujuan outing class kali ini dibagi menjadi dua tempat yaitu untuk kelas 7 dan 9 di Hutan pinus Limpakuwus yang terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah, sedangkan untuk kelas 8 di Museum Jendral Soedirman terletak di Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang Kab. Purbalingga.
Tepat pukul 08. 00 berangkat dari Madrasah, Kelas 8 di Museum Jendral Soedirman para siswa mempelajari  Sejarah dari monument tempat lahir Jederal Sudirman,  sungguh pengalaman yang sangat luar biasa.
Sedangkan kelas 7 dan 9 berangkat ke Hutan Pinus Limpakuwus yang berada di lereng selatan Gunung Slamet itu berada pada ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian itu, maka kesejukan sudah terasa. Bahkan, kalau pagi dan sore menjelang senja, kabut juga turun menambah syahdu suasana. Kegiatan di hutan pinus siswa dari masing-masing kelas diberi tugas untuk membuat Vidio yang bertujuan untuk menggali bakat dan seni para siswa.
“Manfaat pembelajaran outing class akan menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap alam sekitar, mengurangi kejenuhan dalam belajar sehingga mudah menerima informasi, menambah kepedulian tentang alam sekitar, meningkatkan kemampuan dalam bercerita, merangsang kreativitas, menambah pengetahuan guru dalam merencanakan  strategi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar,” kata Akhmad Taukhid, M.Pd selaku Kepala MTs N 3 Banyumas.