Back To Top
“ MENJADI MADRASAH BERKARAKTER, BERPRESTASI UNGGUL, HUMANIS DAN TRAMPIL”

Arsip blog

Pages

Pengunjung

Minggu, 20 Agustus 2017

VISI DAN MISI

  VISI  ,  MISI , TUJUAN  DAN  MOTTO  MADRASAH

1.   V I S I
Visi adalah gambaran umum madrasah yang akan dicapai pada masa yang akan datang. MTs Negeri Sumbang sebagai lembaga pendidikan setingkat SLTP yang berciri khas-kan agama islam berharap setelah siswa mengikuti proses pendidikan selama 3 tahun, peserta didik akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, memiliki iman yang kuat, sehingga tidak mudah goyah dalam menghadapi tantangan jaman di era globalisasi, keterbukaan informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta didik memiliki akhlak yang mulia dan bertanggung jawab, sehingga dapat menjadi uswah/ teladan bagi teman sebaya dan masyarakat di lingkungannya.
Peserta didik memiliki ghirroh/ semangat tinggi dalam menuntut ilmu pengetahuan agama dan umum, teknonologi dan informasi. Peserta didik yang dapat meraih prestasi unggul dalam bidang akademik maupun non akademik, selaras dengan panca prestasi yang dicangkan oleh Kementerian Agama RI yaitu prestasi akhlak muia, prestasi ilmu keagamaan, prestasi sain dan teknologi, prestasi bahasa dan budaya, serta prestasi olah raga dan seni.
Peserta didik memiliki wawasan kebangsaan dan kemanusiaan yang bertumpu pada nilai-nalai agama dan budaya bangsa yang dapat mengukir nama baik bangsa dan mengangkat derajat kemanusiaan dimana ia berada. Peserta didik bersahaja, berjiwa soasial yang tinggi dan mampu mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan di lingkungannya.
Peserta didik memiliki dasar-dasar life skill / ketrampilan dan dapat mengembangkannya sebagai bekal dalam menghadapi persaingan pasar bebas di era globalisasi.
Visi Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang  :
“ MENJADI MADRASAH BERKARAKTER, BERPRESTASI UNGGUL, HUMANIS DAN TRAMPIL”

Indikator Visi :
a.    Terwujudnya peserta didik yang memiliki iman yang kuat, sehingga tidak mudah goyah dalam menghadapi tantangan zaman dengan era keterbukaan informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
b.    Terwujudnya peserta didik yang memiliki akhlak yang mulia dan bertanggung jawab, sehingga dapat menjadi uswah/ teladan bagi teman sebaya dan masyarakat di lingkungannya.
c.    Terwujudnya peserta didik yang memiliki ghirroh/ semangat tinggi dalam menuntut ilmu pengetahuan agama dan umum serta teknonologi.
d.    Terwujudnya peserta didik yang dapat meraih prestasi unggul dalam bidang akademik maupun non akademik
e.    Terwujudnya peserta didik yang memiliki wawasan kebangsaan dan kemanusiaan yang bertumpu pada nilai-nalai agama dan budaya bangsa.
f.     Terwujudnya peserta didik yang bersahaja, berjiwa soasial yang tinggi dan mampu mewujudkan kedamaian di lingkungan.
g.    Terwujudnya peserta didik yang memiliki dasar-dasar life skill / ketrampilan dan dapat mengembangkannya sebagai bekal dalam menghadapi persaingan pasar bebas di era globalisasi.

      2. Misi                     .
a.     Melaksanakan pembinaan dan bimbingan keimanan melalui pembiasaan ibadah dan amal soleh yang meliputi berdoa, tadarus dan tahfidz Al Qur’an, tahfidz Asmaul Husna, sholat Dhuha, sholat berjama’ah, infaq/ shodaqoh, shaum,  dan istighosah.
b.     Melaksanakan pembinaan dan bimbingan akhlakul karimah dan bertanggung jawab melalui uswah/ keteladanan dan pembiasaan yang meliputi 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun),  mushofahah/ bersalaman, Suka menolong, maaf-memaafkan, berterima kasih, saling menghormati, saling menyayangi, budaya bersih, menjaga lingkungan, rapi, tertib dan disiplin.
c.      Mewujudkan situasi lingkungan dan suasana pembelajaran yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan serta dapat memotivasi semangat belajar.
d.     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efesien dengan mengembangkan potensi kecerdasan otak (IQ), potensi kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ).
e.     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang berwawasan kebangsaan dan kemanusiaan bertumpu pada nilai-nilai agama, budaya bangsa melalui intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
f.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan  hidup bersahaja, berjiwa sosial dan Islam rohmatan lil’alamin  yang cinta damai.
g.     Melaksanakan pembelajaran, bimbingan dan pelatihan dasar-dasar ketrampilan hidup/ life skill  dengan mengembangkan minat dan bakat melalui intrakurikuler dan ekstrakurikuler.