Back To Top
“ MENJADI MADRASAH BERKARAKTER, BERPRESTASI UNGGUL, HUMANIS DAN TRAMPIL”

Arsip blog

Pages

Pengunjung

Minggu, 20 Agustus 2017

tujuan dan moto



TUJUAN MADRASAH
Undang-Undang No. 2 tahun 1989 pedoman pelaksanaan sistem pendidikan nasional dalam undang-undang tersebut telah disebutkan bahwa “Madrasah Tsanawiyah adalah Sekolah Menengah Pertama  yang berciri khas agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama“. Departemen Agama sekarang telah berganti nama menjadi Kementerian Agama. Pemerintah telah mengakui dan menyamakan antara Madrasah Tsanawiyah  dengan SMP, hanya penyelenggaraan yang berbeda. Karena keberadaan Madrasah sejajar dengan SMP dan pemerintah telah mengakui maka tujuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah pun harus sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan didirikannya Madrasah adalah “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rokhani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.
Secara Khusus Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang sebagai berikut:
a.    Mengoptimalkan pembinaan dan bimbingan melalui pembiasaan perilaku Islami di lingkungan madrasah, rumah dan masyarakat.
b.    Mengefektifkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif misalnya ; PAIKEM, CTL .
c.    Mengembangkan potensi akademik dan non akademik sesuai  minat dan bakat melalui layanan pembelajaran, pembinaan, bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstra kurikuler
d.    Meningkatkan prestasi akademik dengan target 97 % KKM semua mapel 7,5 dapat terlampaui dan mampu meraih peringkat 25 besar UN, Olimpiade Sain (O2SN), KSM dan AKSIOMA  SMP/ MTs di tingkat Kabupaten.
e.    Meningkatkan prestasi non akademik dalam bidang olah raga, seni, pramuka, PMR dengan target 3 besar pada kejuaraan dan kompetisi tingkat kabupaten.
f.     Memberikan bekal dasar-dasar ketrampilan hidup/ life skill dengan mengembangkan minat dan bakat melalui pembelajaran, pembinaan dan bimbingan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan target  .

MOTTO MADRASAH
  ”Menyelenggarakan pendidikan berkarakter, berprestasi, humanis dan trampil