Back To Top
“ MENJADI MADRASAH BERKARAKTER, BERPRESTASI UNGGUL, HUMANIS DAN TRAMPIL”

Arsip blog

Pages

Pengunjung

Minggu, 22 Oktober 2017

HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2017


SUMBANG - Dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang mengikuti Upacara HSN, yang bertempat di Lapangan Makodim 0701 Banymas

Bupati Banyumas Ahmad Husein berharap agar para santri meneladani semangat jihad kebangsaan yang telah ditegakkan oleh para ulama pendahulu. "Melalui hari santri nasional mengingatkan kita untuk meneladani semangat jihad kebangsaan para ulama pendahulu kita yang rela berkorban jiwa raga, yang mewakafkan hidupnya dengan cara masing-masing untuk kepentingan bangsa Indonesia,"  kata Husein dalam pidato amanatnya pada peringatan hari santri di Makodim Wijayakusuma, Purwokerto, Senin (23/10/2017).

Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 tentang peringatan hari santri merupakan wujud apresiasi perjuangan santri dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Revolusi jihad yang diprakarsai oleh KH. Haysim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945 telah membakar semangat patriotisme para santri dan bangsa Indonesia untuk bergerak bersama melawan penjajah hingga puncaknya pada tanggal 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai hari pahlawan.


Husein menambahkan saat ini kaum santri harus mewarisi semangat nasionalisme untuk berjuang bagi kemakmuran bangsa dan tanah air Indonesia. "Untuk itu, selain belajar ilmu agama, santri harus dibekali ilmu pengetahuan teknologi dan kecakapan hidup agar dapat menjadi santri yang mandiri, dan berakhlakul karimah. Saya yakin jika santri mandiri, maka NKRI Hebat." lanjut dia yang disambut tepuk tangan peserta upacara.


Upacara peringatan hari santri nasional tingkat Kabupaten Banyumas diikuti oleh sekitar seribu santri dari beberapa pondok pesantren dan madrasah di wilayah Purwokerto. Selain itu diikuti juga oleh TNI, Polri, Banser, PNS, para tokoh ulama, para pejabat di lingkungan Pemda dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. (ozy)