Back To Top
“ MENJADI MADRASAH BERKARAKTER, BERPRESTASI UNGGUL, HUMANIS DAN TRAMPIL”

Arsip blog

Pages

Pengunjung

Senin, 04 September 2017

PELAKSANAAN QURBAN



Sumbang - Untuk menanamkan nilai-nilai kebajikan banyak cara dan teladan  yang dicontohkan oleh para Nabi dan Rasul; salah satunya adalah pelaksanaan ibadah qurban yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail, Alaihimassalam, yang mengandung ma’na pengabdian, bersedia berbagi, peduli dan cinta.
MTsN Sumbang melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada hari Sabtu (02/9) pagi sebanyak 7 ekor kambing dan dibagikan untuk seluruh kelas 9 yang berjumlah 149 siswa dan untuk panitia qurban serta untuk lingkungan Madrasah.
Acara penyembelihan qurban dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan. Acara diawali dengan pembacaan takbir bersama-sama oleh guru dan siswa di masjid MTsN Sumbang. Takbir bersama dipimpin oleh Akhmad Taukhid selaku kepala madrasah. Dalam sambutannya kepala madrasah, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terlaksananya kegiatan penyembelihan qurban di madrasah. Beliau  juga berpesan kepada para siswa agar dari penyembelihan qurban ini para siswa bisa mengambil hikmah atau nilai keteladanan berupa kepedulian pada sesama serta kesediaan berkurban untuk sesama terutama orang yang lebih membutuhkan. Terakhir, ketua panitia Nuridin, berpesan agar di tahun mendatang kegiatan qurban lebih banyak dan lebih semarak lagi.
Setelah ditutup dengan doa, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaaan penyembelihan qurban. Disini kegiatan dipandu oleh Kepala madrasah. Beliau memandu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sebagai bagian dari pembelajara ilmu fiqih yang sudah diajarkan di dalam kelas. Mahfud menjelaskan kepada siswa bahwa penyembelihan qurban harus mengikuti tata cara yang diajarkan dalam sunnah Rasul, missal hewan dibaringkan meghadap ke kiblat dengan posisi hewan menghadap ke kiri (tulang rusuk kiri ada dibagian bawah). Sementara penyembelihan harus memutuskan urat yang ada di leher melalui cara yang tepat dan tidak menyiksa hewan. Sambil menyembelih siswa dibimbing bertakbir.
Fastabiqul Khairat. (by. MTsN Sumbang)